Fun Ramadhan di TK Al Irsyad Al Islamiyah Tawangmangu

Kegiatan Pembelajaran TK Al Irsyad Al Islamiyyah Tawangmangu di bulan Ramadan tahun ini pembelajaran dikemas semenarik mungkin untuk siswa, tidak seperti pembelajaran biasanya pada Bulan Ramadhan ini membuat anak senang belajar di sekolah meskipun dalam bulan puasa. Adapun kegitannya di beri nama “Fun Ramadhan”. Kegiatan Fun Ramadhan di mulai tanggal 27 Maret 2023 dengan mengajak siswa melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan Ramadhan.

Hari pertama puasa siswa diajak melafadzkan niat puasa dengan benar, tepuk puasa, menyanyikan lagu puasa, mewarnai kaligrafi dan melakukan tanya jawab tentang apa saja sih yang dapat membatalkan puasa. Semua siswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Pada hari kedua siswa diajak menyanyikan lagu rukun islam, kemudian diceritakan tentang rukun islam, siswa dapat menjawab 5 rukun islam dengan tepat. Pada hari ketiga, siswa diajak membuat kotak infak sendiri dari kardus dan kardus infak itu mereka hias dengan gambar sesuai keinginan para siswa. Dan pada hari berikutnya para siswa di kenalkan tentang pentingnya sholat tarawih yang hanya di lakukan di bulan Ramadhan saja, serta siswa diajak membatik pada gambar sajadah dengan warna sesuai keinginan para siswa. Jum’at dan Sabtu anak-anak mendengarkan dongeng Nabi.

Pada Minggu berikutnya, Guru juga menerangkan manfaat dari puasa salah satunya membuat badan menjadi sehat. Rangkaian kegiatan Fun Ramadhan meliputi cerita tentang apa itu Nuzurul Qur’an, Lailatul Qadar, Zakat fitrah, dan juga serba-serbi idul Fitri. Siswa di ajak menghias gambar Al Qur’an dengan teknik kolase, mewarnai gambar masjid, menimbang beras sehingga para siswa dapat membedakan mana yang lebih berat dan mana yang lebih ringan, menganyam bentuk ketupat, serta membagikan zakat dan sebagai rangkaian penutup kegiatan Fun Ramadhan adalah dzikir pagi, sholat Dhuha, Nobar dan pembagian parsel ramadhan bagi semua siswa TK Al Irsyad Al Islamiyyah Tawangmangu.

Keceriaan anak-anak saat menerima Parsel Ramadhan 1444 H

Ibu Giyatni selaku Kepala Sekolah beserta seluruh Guru TK Al Irsyad Al Islamiyyah Tawangmangu, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga semua amal ibadah kita diterima Allah SWT.

Check Also

Foto Kegiatan Fun Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *