Tanggal Cantik di hari yang penuh berkah (23/03/23)

Tawangmangu-Ramadhan tiba di tanggal cantik pada tanggal 1 Ramadhan 1444 H yang jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023 M yang merupakan hari pertama umat muslim menjalankan ibadah puasa. Pada hari ini terhitung tanggal yang unik dan cantik dengan pengulangan angka 2 dan 3.

Puasa Ramadhan adalah ibadah yang sangat istimewa karena Allah SWT langsung yang menilai dan membalasnya. Dahlil puasa Ramadhan dalam Al Qur’an termaktub dalam surat Al Baqarah Ayat 183 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ – ١٨٣

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

TK Al Irsyad Al Islamiyyah Tawangmangu telah menyusun pembelajaran dibulan ini bertemakan tentang ”Ramadhan”. Pendidikan kepada anak Islam ditanamkan sejak dini, termasuk tentang mengenalkan Puasa Ramadhan. Puasa merupakan rukun Islam yang ke-3. Dalam mengenalkan makna puasa kepada anak TK sama saja, hanya tata bahasa yang lebih mudah difahami oleh anak-anak.

Pengertian Puasa yang sederhana dan mudah di pahami bagi anak-anak

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa tidak hanya menahan haus dan lapar saja, tetapi juga dari segala hal yang dilarang Allah seperti bicara kotor.

Tips Melatih Anak Berpuasa :

  • Memberikan pemahaman puasa kepada anak.
  • Memberikan motivasi agar anak mau berpuasa.
  • Melatih puasa kepada anak secara bertahap.
  • Berikan menu favoritnya saat berbuka.
  • Ciptakan suasana puasa anak yang menyenangkan.
  • Dan yang terakhir, memberikan apresiasi kepada anak saat mau melaksanakan puasa sesuai kemampuannya.

Check Also

Kegiatan Zakat Fitrah TK Al Irsyad Al Islamiyyah Tawangmangu

Tawangmangu, 8 April 2023 Alhamdulilah kegiatan pengengenalan zakat fitrah kepada para siswa TK Al Irsyad …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *